UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS X SMK KESUMA MARGOYOSO
Fitri Dwiningrum

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Pendidikan menjadi tulang punggung untuk menciptakan manusia-manusia yang berkualitas, cerdas dan tanggap terhadap perubahan serta sigap untuk berinovasi secara terus menerus agar tidak tertinggal oleh Negara lain. Jika demikian maka peran guru sangatlah penting untuk memberikan keteladanan, aktif membangun kemauan dan dapat mengembangkan potensi dan kreatifitas siswa selain peran guru, factor penentu juga ada pada perbaikan kurikulum yang selalu merenovasi diri. Penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran seni tari kelas X di SMK Kesuma Margoyoso telah berjalan sesuai dengan kurikulum 2013 yang siswa dapat menerima dan menjalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 di sekolah, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Alasan menggunakan metode kualitatif adalah pengalaman para peneliti dimana metode ini dapat digunakan untuk menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik fenomena yang kadangkala merupakan sesuatu yang sulit untuk dipahami secara memuaskan. Penelitian dilakukan di SMK Kesuma Margoyoso Kabupaten Pati pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dengan proses penyusunan dalam mengkategorikan data, proses analisis data ditempuh melalui proses reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian mengungkapkan penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran seni tari kelas X di SMK Kesuma Margoyoso Kabupaten Pati.

Full Text: PDF