UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF SKRIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Ayu Hasriani

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Kooperatif skrip terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Lingsar tahun pelajaran 2011/2012. Kooperatif skrip merupakan metode belajar yang mengarahkan siswa untuk bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Pembelejaran kooperatif skrip ini diterapkan pada materi pokok hidrokarbon dan minyak bumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental (eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lingsar yang berjumlah 6 kelas. Berdasarkan beberapa pertimbangan terpilihlah dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X-3 sebagai kelas kontrol dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen. Post test yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa berupa tes pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post tes untuk kelas eksperimen adalah 66,85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 58,97%, sedangkan rata-rata untuk kelas kontrol 61,35 dengan ketuntasan klasikal 51,35%. Analisis data diawali dengan menganalisis normalitas dan homogenitas data. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji beda (uji-t) yaitu polled varians. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung>ttabel (2,01>1,67), hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif skrip memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar kimia siswa.

Full Text: PDF