UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Paltiman Lumban Gaol

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh; (1) konstruk yang melandasi instrumen penilian karakter pada mata pelajaran matematika sekolah menengah pertama, (2) faktor-faktor yang terbentuk dari konstruk yang mendasari instrumen penilian karakter pada mata pelajaran matematika sekolah menengah pertama, dan (3) instrumen penilian karakter pada mata pelajaran matematika sekolah menengah pertama yang memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Secara konseptual, konstruk penilian karakter pada mata pelajaran matematika sekolah menengah pertama yang dikembangkan dua dimensi yakni 1) kemandirian siswa dan, 2) percaya diri. Jenis instrumen terdiri dari lembar observasi oleh guru dan lembar penilaian diri oleh siswa. Berdasarkan butir-butir yang telah menghasilkan 51 butir terpilih. Secara empiris dilakukan ujicoba pertama dan ujicoba kedua pada 200 siswa. Hasil yang paling signifikan dari penelitian ini adalah diperolehnya instrumen penilaian karakter pada mata pelajaran matematika sekolah menengah pertama yang telah dikembangkan telah memiliki validitas konstruk dan reliabilitas yang baik.

Full Text: PDF