UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI SD MARSUDI UTAMI MAYANGSARI SEMARANG
Maria Ratna Rosari

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Pembelajaran kewirausahaan merupakan suatu pembelajaran yang perlu ditanamkan sejak usia dini. Penyelenggaraan pembelajaran kewirausahaan pada jenjang sekolah dasar bertujuan untuk membekali siswa hidup mandiri dalam hidup bermasyarakat dengan ketrampilan pengolahan pupuk kompos, pembuatan souvenir dari b5arang bekas, dan boga. Penelitian ini dilaksanakan di SD Marsudi Utami Mayangsari Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) perencanaan pembelajaran berbasis kewirausahaan (2) pelaksanaan pembelajaran berbasis kewirausahaan (3) evaluasi pembelajaran berbasis kewirausahaan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Perolehan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model interaktif melalui tiga tahap : (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan. Keabsahan data yag digunakan adalah uji kredibilitas : memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis kewirausahaan secara keseluruhan sudah dilakukan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di SD Marsudi Utami Mayangsari Semarang. Terdapat faktor penghambat yaitu masih terbatasnya pemasaran hasil produk siswa dan variasi model ketrampilan kewirausahaan.

Full Text: PDF