Font Size:
Memasarkan Jasa Pendidikan Dengan Mix Market (Studi Analisis di Madrasah Aliyah Darussalam Batang)
Last modified: 2015-10-20
Abstract
Mix market merupakan strategi pemasaran yang diadopsi oleh lembaga pendidikan dari ilmu manajemen. Prinsip mix market adalah memasarkan jasa pendidikan dengan mengoptimalkan 7 (tujuh) aspek variabel pemasaran, yaitu product, price, place, promotion, process, people, dan physical evidence. Penelitian ini menganalisis penerapan strategi tersebut di Madrasah Aliyah Darussalam. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran keefektifan penerapan strategi mix market dan melakukan pengembangan strategi yang efektif.Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah para informan, kejadian, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Darussalam melaksanakan strategi mix market dengan konsep yang sederhana, tanpa ada cetak biru pelaksanaan yang sistematis. Oleh karenanya tidak semua variabel pemasaran dalam mix market dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan siswa memilih. Penulis memandang bahwa perlu adanya perancangan ulang dan pengembangan strategi pemasaran di Madrasah Aliyah Darussalam guna meningkatkan keefektifan pemasaran jasa pendidikan.
Full Text:
PDF