UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN AUTENTIK BAGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Harun Rasyid

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Autentik asesmen dapat digunakan untuk memahami bagaimana anak dapat memahami dan menggunakan apa yang telah mereka pelajari berdasarkan pengalaman yang mereka peroleh secara bermakna. Autentik asesmen bagi anak usia dini juga harus dilakukan secara terintegrasi dengan berbagai kegiatan yang riil, fungsional dan alami untuk merespon berbagai kebutuhan anak, ketertarikan dan gaya belajar anak. Autentik asesmen prosesnya harus terintegrasi dalam pembelajaran dan mengukur banyak hal tentang perkembangan anak yang dilakukan secara simultan. Proses autentik asesmen ini juga harus dapat diterapkan secara mudah oleh guru dalam proses belajar anak dan dapat mengukur dunia nyata anak secara lengkap dan menyeluruh. Dengan autentik asesmen sekolah harus menjamin pengembangan model-model pembelajaran bagi anak usia dini dengan cara mengembangkan interaksi secara terus menerus dengan anak, dan sekaligus memperkaya dialog dengan murid seperti bertanya, mensugesti, mengobservasi dan membimbing anak. Teknik itu ialah dialog dengan anak, wawancara kepada anak, merangsang anak, pengamatan terhadap anak, mengobservasi anak, membimbing anak, mendokumentasikan penilaian anak, dan melaporkan hasil penilaian anak.

Full Text: PDF