UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMPN 13 SEMARANG
Barokah Isdaryanti

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Tulisan ini bertujuan menguji Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Model Discovery terhadap Hasil Belajar Di SMPN 13 Semarang . Permasalahan yang dikaji adalah (1) Pengaruh keaktifan peserta didik terhadap pencapaian hasil belajar, (2) Pengaruh keterampilan proses terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik. Hasil kajian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA dengan model discovery telah mencapai bahkan melebihi target ketuntasan, keaktifan mempengaruhi hasil belajar sebesar 55,7% yang berarti berpengaruh positif terhadap hasil belajar, keterampilan proses mempengaruhi hasil belajar sebesar 74,0% yang berarti berpengaruh positif terhadap hasil belajar.

Full Text: PDF