UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
ASSESMEN PADA MODEL PSBP SEBAGAI ALTERNATIF INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK PADA PROSES PEMBELAJARAN
Ahmad Dahlan, Alita Arifiana Anisa

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis komparatif yang menggunakan dua kelompok sample pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Kedua sample diberikan perlakuan yang berbeda yakni menggunakan Model Pembelajaran Sains Berbasis Portofolio atau PSPB untuk satu kelas dan menggunakan Model Pembelajaran Koorperatif. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda dengan menggunakan assesmen pengukuran yang sama untuk mengetahui apakah assesman yang melekat pada model PSPB dapat digunakan untuk menilai aspek yang sama pada model pembelajaran yang berbeda. Assesman ini menganut prinsip penilaian otentik yang proses penilaiannya berlangsung selama proses pembelajaran. Sebagai bahan pertimbangan kedua kelas dipilih pada kelas yang homogen untuk menghilangkan asumsi awal adanya perbedaan nilai yang melekat pada siswa sebelum perbedaan model diterapkan.Hasil penelitian menunjukan bahwa skor analisis aspek sikap dan keterampilan tidak menunjukan perbedaan yang besar. Aspek sikap menujukkan perbedaan skor sebesar 1,1 poin sedangkan pada ranah keterampilan atau psikomotorik menunjukkan perbedaan skor sebesar 0,06. Perbedaan rata-rata skor yang tidak terlampau jauh ini menunjukkan bahwa assesmen yang melekat pada model PSPB dapat digunakan pada model pembelajaran lain dengan mengadopsi beberapa asumsi. Asumsi tersebut adalah prinsip belajar (1) Student senter, (2) Pendekatan Saintifik dan atau Discovery, dan (3) Cooperative Learning. Selain itu , perlu adanya penambhan sintaks untuk membagi kelompok sampel menjadi dua subkelompok untuk memudahkan proses observasi.

Full Text: PDF