Font Size:
INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF UNTUK MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Last modified: 2015-10-20
Abstract
Sistem penilaian pendidikan adalah hal utama dalam 8 standar nasional pendidikan dan menjadi salah satu standar yang di ubah dan diperbaiki dalam implementasi kurikulum 2013. Jika penilaian yang tekun dan teliti dilakukan seorang pendidik maka tidak akan memberi celah pada peserta didik untuk berbuat hal hal yang tidak sesuai dengan norma. Salah satu indikasi guru tekun dan teliti adalah membuat instrument penilaian sikap. Sehingga perlu adanya instrumen penilaian sikap untuk memudahkan pendidik. Tujuan penelitian adalah menyusun instrumen penilaian afektif mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang valid konstruk dan valid empiris. Penelitian pengembangan instrumen evaluasi butir karakter mengacu teori Borg & Gall dengan 10 langkah, namun peneliti mengacu sampai dengan langkah ke 8 saja, produk yang dihasilkan adalah instrumen penilaian afektif yang divalidasi melalui tim validator untuk mengukur valid konstruk, serta implementasi lapangan dilakukan 2 kali uji terbatas kelompok kecil dan uji lapangan. Data diperoleh dengan angket, observasi dan wawancara, data diolah dengan analisis kuantitatif selanjutnya dideskriptifkan, guna uji empiris. Hasil penelitian menunjukkan sebatas pernyataan dari responden merasakan kemudahan, efisiensi dan efektivitas instrumen yang di hasilkan.
Full Text:
PDF