UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
MODEL PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP N 1 TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN
Yunita tri Hastuti

Last modified: 2015-10-19

Abstract


Masalah yang mendasari penelitian ini adalah apa model pembelajaran Tari di SMP N 1 Tegowanu Kabupaten Grobogan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan perpustakaan penelitian, wawancara , dan observasi langsung sebagai metode pengumpulan data. Subjekstudi adalah model pembelajaran Tari di SMP N 1 Tegowanu Kabupaten Grobogan.Analisis data dilakukan melalui metode analisis deskriptif . Studi ini menunjukkan bahwamodel pembelajaran yang digunakan untuk mata pelajaran seni tari di SMP N 1 tegowanu kabupaten Grobogan sudah tepat. Pembelajaran yang berlangsung di SMP N Tegowanu Kabupaten Grobogan denga cara mengelompokkan siswa dengan kemampuan yang berfariasi, mengeksplorasi kemampuan siswa dengan memerintahkan siswa untuk berani mempresentasikan hasil dari tugas yang telah dikerjakan. Hal ini kemudian disimpulkan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran yang digunakan merupakan pilihan yang tepat bagi para siswa karena mampu memunculkan rasa apresiasi dalam diri anak, memotivasi teman yang kurang baik dalam praktik dapat tertolong.

Full Text: PDF