UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
ANALISIS MUATAN IPA PADA BUKU TEKS PELAJARAN TEMATIK TERPADU SD KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 1 WUJUD BENDA DAN CIRINYA
Degi Alrinda Agustina

Last modified: 2015-10-19

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menganalisis muatan IPA pada buku teks pelajaran tematik terpadu SD kelas V tema 1 Subtema 1 “Wujud Benda dan Cirinya”. Hasil kajian ini dapat dipergunakan sebagai referensi penyusunan dan perencanaan pembuatan buku guru dan buku siswa Kurikulum 2013, terutama pada muatan IPA. Tujuan kajian ini adalah untuk: (1) menganalisis keberadaan muatan IPA pada buku guru dan buku siswa kelas V tema I subtema I berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD); (2) menganalisis keberadaan scientific approach pada muatan IPA di buku guru dan buku siswa kelas V tema I subtema I; dan menganalisis keberadaan authentic assessment pada muatan IPA di buku guru dan buku siswa kelas V tema I subtema I. Kajian ini menggunakan dasar lampiran Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Struktur Kurikulum SD/MI untuk menganalisis keberadaan muatan IPA, lampiran IV Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 untuk menganalisis keberadaan scientific approach, dan lampiran Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 untuk menganalisis keberadaan authentic assessment pada muatan IPA. Pada kajian ini ditemukan beberapa hal, yaitu (1) Muatan IPA ada pada setiap pembelajaran, baik tertulis maupun tidak tertulis pada KD; (2) langkah scientific approach pada muatan IPA terletak secara tidak berurutan, (3) keberadaan penilaian sikap yang masih kurang pada muatan IPA.

Full Text: PDF