UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL AKREDITASI PROGRAM STUDI
Chibanu Aslam

Last modified: 2015-10-19

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model akreditasi program studi yang mencakup hubungan dimensi: strategik, akademik, tangible asset, pengelolaan penelitian, sumber daya manusia, kemahasiswaan dan pengelolaan program studi dengan kinerja program studi dalam permodelan path analysis.Proses penelitian melalui tahap perencanaan dan validasi instrumen. Subyek penelitian pengelola dan mahasiswa di program studi di Jawa Tengah dan DIY dan di setelah data diolah diperoleh175 data bebas outlier. Analisa data menggunakan SEM untuk menentukan kriteria Goodness of Fit. Hasil analisis:2 relatif (CMIN/DF) = 2,792; GFI = 0,926; AGFI = 0,960; TLI = 0,919; CFI = 0,912;NFI= 0,908; RMSEA = 0,094; dan p = 0,01 (p< 0,05) atau probabilitas model akreditasi program studi kurang baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwakinerja program studiditentukan oleh dimensi strategik,akademik, tangible asset,pengelolaan penelitian,sumberdaya manusia, kemahasiswaan danpengelolaan program studi.

Full Text: PDF