UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DENGAN MODEL RASCH
Khotimah Marjiastuti, Sri Wahyuni

Last modified: 2015-10-19

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menjawab soal model dikotomi. Melalui kajian ini, diharapkan dapat memberi informasi kepada khalayak tentang penggunaan model Rasch dalam mengestimasi kemampuan siswa. Model Rasch dipilih karena beberapa keunggulan yang dimiliki. Data yang digunakan pada kajian ini berupa data simulasi sejumlah 20 siswa dan 20 item soal. Hasil simulasi dengan bantuan software Ministep menunjukkan bahwa Person Reliability pada UAS Matematika sebesar 0,71 sedangkan Item Reliability sebesar 0,62. Besarnya Alpha Cronbach yaitu 0,72. Person Measure 0,54 logit menunjukkan rata-rata kemampuan siswa di atas item. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa semua item fit, sehingga soal tidak perlu direvisi atau dieliminasi. Informasi lain yang dapat diperoleh yaitu nilai logit person, untuk person-A dengan +4,48 logit menunjukkan person dengan kemampuan tertinggi (mampu mengerjakan hampir semua soal); person-T dengan -1,27 menunjukkan siswa dengan kemampuan paling rendah (paling sedikit dalam menyelesaikan soal dengan benar). Untuk person C terjadi misfit karena MNSQ > 1,5 dan PT Measure corr < 0,4 hal tersebut dikarenakan dia tidak berhasil menjawab soal mudah dengan benar, namun dapat menjawab dengan benar pada soal sulit. Berdasarkan analisis seorang guru dapat melihat kemampuan siswa melalui analisis penilaian dengan model Rasch dengan menggunakan software Ministep. Penggunaan analisis dengan model Rasch dianjurkan untuk digunakan oleh setiap guru agar dapat membantu guru dalam mengetahui kemapuan dan hasil belajar yang dimiliki siswa.

Full Text: PDF