UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
KEMAMPUAN PENDIDIK DALAMPENGOLAHAN HASIL EVALUASI
Sumarti Sumarti

Last modified: 2015-03-06

Abstract


Abad milinium ini ciri utamanya adalah terjadinya globalisasi pada setiap aspek kehidupan. Globalisasi mengandung arti terjadinya keterbukaan, kesejagatan, dimana batas-batas negara tidak lagi menjadi penting. Dalam setiap kegiatan manajemen akan dikatakan sempurna jika dalam prosesnya dilaksanakan suatu evaluasi, tidak terkecuali dalam manajemen pendidikan. Program pendidikan sebagai penjabaran dari perencanan pendidikan harus dievaluasi dengan saksama, menggunakan strategi yang tepat sehingga hasilnya dapat di pertanggungjawabkan. Dalam evaluasi pembelajaran terdapat pengertian, fungsi dan tujuan, prinsip, teknik penilaian dan kriteria dalam pengolahan data evaluasi pembelajaran.Penilaian proses belajar adalah upaya memberi nilai terhadap kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam mencapai tujuan-tujuan pengajaran.Pengolahan data hasil evaluasi pembelajaran merupakan materi utama yang perlu  dipahami berkaitan dengan masalah evaluasi pembelajaran.Ada dua kegiatan utama yang perlu dilakukan dalam pengolahan hasil evaluasi, yaitu penyekoran dan pemberian nilai.Setelah memberikan skor langkah pengolahan data hasil evaluasi adalah menganalisis data. Dari hasil analisis data tersebut selanjutnya dilakukan suatu penilaian.Penilaian berdasarkan acuan patokan digunakan apabila tujuan pengajaran secara khusus diarahkan untuk menguasai seperangkat kemampuan secara tuntas.Penggunaan penilaian berdasarkan acuan norma atau kelompok didasarkan asumsi bahwa semua individu memiliki kemampuan yang beragam.Untuk mengolah hasil pengukuran dalam evaluasi pembelajaran, banyak teknik analisis data yang bisa digunakan. Analisis data pada hakekatnya adalah mengolah angka-angka yang diperoleh dari skor mentah menjadi suatu skor yang mudah dibaca dan disimpulkan. Evaluasi terhadap pembelajaran dimaksudkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan atau kegagalan suatu program pendidikan dan hasil evaluasi dapat dijadikan informasi sebagai masukan untuk menentukan tindak lanjut dari program yang sedang atau telah dilaksanakan.


Full Text: FULLTEXT