UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF JARAK JAUH UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN BERPIKIR KRETIF
Hardi Suyitno, Djuniadi Djuniadi

Last modified: 2015-03-06

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran multimedia interaktif jarak jauh (MIJJ) yang valid; (2) mengetahui apakah pembelajaran MIJJ praktis, dan (3) mengetahui apakah pembelajaran MIJJ efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan modifikasi model Plomp terdiri dari fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi danĀ  konstruksi, dan fase pengujian, evaluasi dan revisi. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Buku Siswa, LKS, MIJJ, dan Tes Kemampuan Berpikir Kretif (TKBK). Data penelitian diperoleh melalui: (1) lembar validasi; (2) pengamatan; (3) angket, dan (4) tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) setelah melalui proses validasi dan revisi diperoleh perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, Buku Siswa, LKS, MIJJ dan TKBK yang valid; (2) proses pembelajaran dengan MIJJ praktis, dan (3) proses pembelajaran dengan MIJJ efektif. Valid ditandai dengan perangkat pembelajaran dapat digunakan jika mendapat kategori penilaian baik dengan sedikir revisi dan mendapat rekomendasi, Praktis ditandai (a) keterlaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik; (b) respon siswa positif lebih dari atau sama dengan 75%; (c) respon guru memberikan kriteria baik terhadap perangkat pembelajaran, dan Efektifitas ditandai dengan (a) tercapainya ketuntasan TKBK siswa secara individual lebih dari atau sama dengan 75; (b) tercapainya ketuntasan TKBK siswa secara klasikal lebih dari atau sama dengan 75%; dan (c) rata-rata hasil TKBK kelas eksperimen MIJJ lebih baik dari pada rata-rata hasil TKBK kelas eksperimen MMI.


Full Text: FULLTEXT