UNNES CONFERENCE, Seminar Nasional MIPA 2016

Font Size: 
Pengembangan Pembelajaran Matematika SMP melalui Aktivitas Mematematikakan Realita
Fany Monica Yuniarti, Ester Lilis Chorniantini, Gregoria Nazianzya Yanu Kundhy A

Last modified: 2017-04-12

Abstract


Pendekatan matematika realistik dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan pembelajaran matematika SMP melalui aktivitas mematematikakan realita. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah empat (4) subyek kelas VIII. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi dan pemberian soal yang berbentuk pemecahan masalah dan berkaitan dengan kehidupan seharihari yang kemudian pekerjaan subyek tersebut dianalisis oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika melalui aktivitas mematematikakan realita dapat membuat subyek berpikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil pekerjaan antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya. Perbedaan hasil pekerjaan tersebut, menunjukkan adanya perbedaan proses berpikir siswa dalam memecahkan suatu permasalahan. Subyek masih mengalami kesulitan ketika diminta untuk merefleksikan pembelajaran ketika dikaitkan dengan konsep matematika. Hal ini dikarenakan subyek sudah terbiasa melakukan aktivitas merealitakan matematika.

Kata-kata kunci: berpikir kritis, matematika realistik, mematematikakan realita, pembelajaran, pengembangan.

The realistic mathematics approach can be an alternative approach in mathematic learning. This research is purposed to understand the mathematic learning development of junior high school students through the activities of mathematizing reality. The research method uses descriptive qualitative research. The subject of this research is four students in the eight class. The data is collected by documentation method, giving them questions in the form of problem solving, and relating to the daily life. Then, the result of their work are analyzed by research. The result of the research shows that the mathematic learning can be done through the activitiesof mathematizing reality. It can make the students have a critical thinking to solve problems. These case can be seen from the differences of work result between one group and another group. The differences of work result show that there are differences of thinking process of the students to solve problems. They still find a difficulty when they are asked to reflect the learning which is related to the mathematic concept. It is because the students usually do the activities of realizing mathematic.

Keywords: critical thinking, realistic mathematics, mathematizing reality, learning, development.


Full Text: PDF