UNNES CONFERENCE, Seminar Nasional MIPA 2016

Font Size: 
Pemanfaatan Laboratorium Alam Sebagai Sarana Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar
Nurrisma Puspitasari, Melania Suweni Muntini, Faridawati Faridawati, Iim Fatimah, Sudarsono Sudarsono, Susilo Indrawati, Linda Silvia, Diky Anggoro, Noer Fajar

Last modified: 2017-03-29

Abstract


Ruang Lingkup mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) untuk SD/MI meliputi : Makhluk hidup dan proses kehidupan;Benda atau materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat, dan gas; Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya, dan pesawat sederhana;Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya. Kendala bagi guru mata pelajaran IPA adalah anggapan dari para siswa bahwa mata pelajaran IPA sulit dan menakutkan. Hal tersebut menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh guru IPA dan juga dosen fisika supaya anggapan tersebut tidak ada lagi dan para siswa semenjak dini dapat belajar mata pelajaran IPA dengan senang dan mudah. Oleh karena itu dibutuhkan praktikum dalam belajar IPA karena dengan adanya kegiatan dengan observasi secara langsung merupakan strategi belajar yang baik untuk siswa. Adapun kendala berikutnya yaitu keterbatasan sarana prasarana untuk pelaksanaan praktikum di beberapa sekolah. Dalam menghadapi persoalan tersebut, kita dapat memanfaatkan alam sekitar sebagai laboratorium terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai pengamatan percobaan dan praktikum. Untuk itu yang dapat dilakukan adalah memberi  pelatihan dan pembekalan kepada guru serta memeberi wawasan pada siswa, bahwa dengan memanfaatkan laboratorium alam untuk praktikum IPAdapat meningkatkan ketertarikan siswa pada mata pelajaran IPA, khususnya bidang Fisika.

 

Scope of science subjects (Natural Sciences) for SD / MI include: Living organisms and life processes; objects or materials, properties and uses include: liquid, solid, and gas; Energy and the changes include: the style, sound, heat, magnetism, electricity, light, and simple air; the Earth and the universe include: the land, the earth, the solar system, and other celestial objects. Constraints for teachers teaching science is the notion of the students that science subjects is difficult and scary. It is a challenge that must be faced by science teachers and professors of physics so the assumption is no longer there and the students since early can study science subjects with fun and ease. Therefore, it needs to learn science lab due to their activity by direct observation is a good learning strategies for students. The next obstacle is the limited infrastructure for practical implementation in some schools. In the face of these problems, we can take advantage of the natural surroundings as an open laboratory that can be used for various observations and lab experiments. For it to do is provide training and equipping the teachers as well as insight on student counts, that by utilizing natural laboratory for lab IPA can increase student interest in science subjects, especially physics.


Full Text: PDF