UNNES CONFERENCE, Seminar Nasional MIPA 2016

Font Size: 
Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Praktikum Menggunakan Penilaian Autentik dengan Balikan dan Pendampingan dalam Pembelajaran IPA
Afifah Afifah, Sholihul Hadi, Andi Fadllan, Mulyatun Mulyatun

Last modified: 2017-03-27

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan praktikum siswa dan mendeskripsikan penerapan penilaian autentik dengan balikan dan pendampingan dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTs Negeri 02. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan siswa dalam menulis laporan praktikum mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari 90,32% siswa yang tuntas pada siklus I meningkat menjadi 100% siswa pada siklus II; 2) Penerapan penilaian autentik dengan balikan dan pendampingan dilakukan melalui beberapa tahapan, yakni percobaan oleh siswa dan pendampingan oleh guru, presentasi laporan sementara, pemberian balikan oleh guru terhadap percobaan dan laporan sementara secara conference, revisi laporan sementara, pendampingan penyusunan laporan secara intensif, pengumpulan laporan ilmiah, dan pemberian balikan laporan akhir secara conference.

The purpose of this research was to improve students' ability to write laboratory reports and describe the application of an authentic assessment with feedback and guidance on science learning. It is a classroom action research at the class of VII-A MTs Negeri 02 Semarang. Data was obtained by observation, documentation, and product assessment. The results showed that: 1) the ability of students to write laboratory reports is increased from the 90.32% of students who success in the first cycle to 100% of students in the second cycle; 2) The application of authentic assessment with feedback and assistance was done through several phases, namely experiments by students and mentoring by teachers, presentation of the interim report, giving feedback by teachers to the experiment and an interim report in conference, a revised interim report, assisting the preparation of reports intensively, gathering scientific reports, and giving feedback in the conference's final report


Full Text: PDF