UNNES CONFERENCE, Seminar Nasional MIPA 2016

Font Size: 
Perkuliahan Telaah Kurikulum Biologi Berbasis Lesson Study
Andreas Priyono Budi Prasetyo, Supriyanto Supriyanto, Lutfia Nur Hadiyanti

Last modified: 2017-03-17

Abstract


Evaluasi Renstra FMIPA Unnes dan Audit Mutu Internal (AMI) 2015 yang dilaksanakan oleh Badan Penjamin Mutu (BPM) Unnes menunjukkan salah satu program utama dan indikator kerja utama yaitu penyusunan kurikulum internasional di semua prodi, belum terlaksana secara maksimal. Oleh karena itu pengajar berusaha untuk melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara kualitatif pelaksanaan Lesson Study (LS) yang dilaksanakan pada pembelajaran mata kuliah telaah kurikulum Biologi pada konsep perbandingan kurikulum internasional. Subyek pada penelitian ini terdiri dari 95 mahasiswa peserta kuliah telaah kurikulum Biologi pada semester genap 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis LS lebih menarik bagi mahasiswa dan memberikan pengalaman yang baru bagi mereka. Pembelajaran LS memudahkan refleksi baik bagi mahasiswa maupun pengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.

Evaluation of strategic plan of Natural Sciences and Mathematics Faculty and results of Internal Quality Audit (AMI) in 2015 by the Quality Assurance Agency (BPM) UNNES showed that one of the main programs and the main work indicators of international curriculum development at all study programs, had not been fully implemented. Therefore, teachers strive to implement the learning process in accordance with these demands. This study aimed to explore the qualitative implementation of Lesson Study (LS) implemented on learning of Biology curriculum analysis subjects on the concept of comparative international curriculum. Subjects in this study consisted of 95 college students participating in the subject of Biology curriculum analysis in the second semester 2015/2016. The results showed that the LS-based learning was more interesting for students and provided a new learning experience for them. LS-based learning facilitated reflection both for students and teachers to improve the learning quality in the classroom.


Full Text: PDF