UNNES CONFERENCE, Seminar Nasional MIPA 2016

Font Size: 
Analisis Kelayakan Modul Keanekaragaman Hayati Gunung Ungaran Ditinjau dari Aspek Tanggapan Siswa dan Guru Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Limbangan Kendal
Zanuar Abdul Hamid, Margareta Rahayuningsih, Eling purwantoyo

Last modified: 2017-03-16

Abstract


Observasi awal di SMA Negeri 1 Limbangan Kendal diperoleh pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan sekitar belum maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar modul keanekaragaman hayati Gunung Ungaran yang menggunakan lingkungan sekitar yaitu Gunung Ungaran sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Developmnet (R&D). Prosedur penelitian meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala terbatas, revisi produk, uji coba skala luas, revisi produk akhir dan produk final. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling dan dianalisis dengan rumus rata-rata persentase dan dikembangkan melalui analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pengembangan modul keanekaragaman hayati Gunung Ungaran dinyatakan layak berdasarkan aspek tanggapan siswa dan guru di SMA Negeri 1 Limbangan dengan rata-rata persentase 92,76% untuk skala terbatas dan 95,27% untuk skala luas dengan kriteria sangat layak dan rata-rata persentase 100% dengan kriteria sangat layak.

The first observations in SMA Negeri 1 Limbangan Kendal obtained the utilization of learn from the environment is not optimal. Based on the problems, this research aims to understand feasibility of teaching materials module on biodiversity who uses the environment to Ungaran Mountain as a source of learning. This study using methods research and developmnet(R&D). Research procedures covering the potential of and problems, data collection, design a product, design validation, the revision of the design, the trial of small-scale, the revision of the product, the trial of a broad scale, the revision of the final product and the final product. The sample collection using a technique purpose of sampling and analyzed with the formula the percentage of the average and developed through descriptive analysis. Based on the results of research conducted , development module biodiversity mountain ungaran announced eligible based on the aspect of response students and teachers in SMA Negeri 1 limbangan with an average the percentage 92,76 % to scale limited and 95,27 % to scale broad criteria very reasonable and the average the percentage 100 % criteria very reasonable


Full Text: PDF