Font Size:
Analisis Eksplorasi dan Eksploitasi pada Media Sosial Sebagai Media Pemasaran di Era Pandemi
Last modified: 2020-12-02
Abstract
Saat ini masyarakat sudah mulai merambah memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan bisnis mereka. Salah satu bentuk teknologi informasi yang mereka gunakan adalah media sosial. Media sosial merupakan aktivitas komunikasi pemasaran yang menggunakan media elektronik untuk menarik konsumen dengan berbagai bentuk demi meningkatkan penjualan. Dalam era pandemi ini yang dimana diterapkan pembatasan sosial oleh pemerintah. Hal tersebut membuat pemilik usaha beralih untuk menggunakan media sosial sebagai media pemasaran. Penelitian ini menganalisis bagaimana pemilik usaha menggunakan media sosial sebagai media pemasaran dengan menggunakan pandangan berbasis sumber daya dari kemampuan Sistem Informasi untuk menentukan konsep eksplorasi dan eksploitasi pada media sosial. Pada penelitian ini ditemukan bahwa saat ini pemilik usaha sudah memanfaatkan sosial media baik untuk pemasaran produk terutama pada Facebook. Tetapi masih ada beberapa pemilik usaha yang belum bisa memanfaatkan secara maksimal fitur yang ada pada sosial media.
Full Text:
PDF