UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL KONSEPTUAL INSTRUMEN KOLOKASI BAHASA INGGRIS
Muchammad Abdul Aziz

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Kolokasi terjadi ketika dua atau lebih kata-kata sering pergi bersama-sama. Beberapa orang mendefinisikannya sebagai kombinasi yang lebih khas kata-kata. Kolokasi dapat diklasifikasikan ke dalam kolokasi leksikal dan gramatikal. Kendala kolokasi, bagaimanapun juga memainkan peran dalam bagaimana kata-kata dapat muncul bersama dalam kalimat yang sama. Kolokasi umumnya dianggap bermasalah untuk pelajar bahasa asing. Hal ini disebabkan karena penutur non-native English, di sisi lain, tidak pengalaman yang lebih terbatas dan mungkin kata-kata yang sering kolokasi dengan cara yang terdengar aneh bagi penutur asli. perhatian khusus harus diberikan pada pengajaran semua jenis kolokasi, terutama kolokasi gramatikal, karena kelemahan umum peserta didik dalam jenis kolokasi. kebutuhan akan kamus kolokasi yang mudah dipahami oleh pelajar yang berbahasa Indonesia sangat jarang bahkan bisa dikatakan belum ada. Dalam penelitian ini peneliti menjabarkan pengembangan model konsep instrumen kolokasi grammatikal bahasa Inggris yang harapannya mampu menjadi sumber referensi untuk pengajaran kolokasi grmmatikal bahasa Inggris. Untuk mempermudah pengenalan jenis kolokasi peneliti membuat kodifikasi mulai dari G1-G8. G8 dibagi menjadi A-O.

Full Text: PDF