UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERORIENTASI PISA
Kartono Kartono

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Ketersediaan perangkat asesmen kemampuan pemecahan masalah matematika berdampak pada kemahiran. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan pengembangan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berorientasi pada PISA. (2) Menghasilkan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berorientasi pada PISA yang valid dan reliabel. Prosedur pengembangan menggunakan model 4-D dimodifikasi yang terdiri dari empat tahap, yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pada tahap penyebaran tidak dilakukan, dengan pertimbangan waktu dan biaya dan asumsi bahwa hasil pengembangan telah tercapai.Metode pengumpulan data menggunakan review butir dan tes. Analisis data meliputi analisis butir kualitatif dan kuantitatif. Tes kemampuan pemecahan masalah berorientasi PISA adalah tes yang mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika butir-butirnya berkonteks. Hasil analisis kualitatif butir menunjukkan bahwa semua butir memenuhi criteria butir yang baik berdasarkan aspek konstruksi, materi dan bahasa. Hasil analisis kuantitatif butir menunjukkan terdapat 7 butir yang baik dari 10 butir uji coba, dan koefisien reliabilitas tes 0,6. Didapat tes berbetuk uraian yang cocok untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah berorientasi PISA yang valid dan reliabel.

Full Text: PDF