UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL KINERJA TERPADU BERBASIS TQM DALAM PENINGKATAN MUTU SMK DI KABUPATEN PEMALANG
Dedi Prestiadi

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Kesuksesan pelaksanaan Total Quality Managemen (TQM) di bidang perusahaan mendorong instutusi pendidikan untuk mengadopsi dan melaksanakan manajemen TQM untuk meningkatkan lembaga pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu lembaga pendidikan. Banyaknya penelitian yang meneliti pelaksanaan TQM di institusi pendidikan dilakukan baik dalam skala nasional ataupun mancanegara. Penelitian ini berupaya melakukan kajian yang baru melalui penelitian dan pengembangan (research and development) dalam pelaksanaan TQM.Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan pelaksanaan TQM melalui model kinerja terpadu dalam peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pemalang. Variabel penelitian ini adalah pelaksanaan TQM oleh: a) Kepala Sekolah, b) Guru, c) Komite Sekolah d) Dunia Industri dan e) mutu SMK di Kabupaten Pemalang. Metode penelitian dan pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dalam pendahuluan dan pendekatan kuantitatif dalam melakukan analisis mutu sekolah dan yang terakhir melalui pengembangan sampai pada uji kelayakan untuk menghasilkan model baru pelaksanaan TQM dalam peningkatan mutu sekolah. Hasil dari penelitian ini adalah menciptakan sebuah model baru dalam pelaksanaan TQM melalui model kinerja terpadu.

Full Text: PDF