UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
IMPLEMENTASI MEDIA MINIATUR KEYBOARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN KEYBOARD SISWA DI SMP EKA SAKTI SEMARANG
Retno Widowati

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Dalam pembelajaran seni musik anggapan bahwa pelajaran kesenian merupakan pelajaran selingan, membuat siswa kurang bersungguh-sungguh mempelajarinya. Untuk itu seorang guru harus memiliki strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Terkadang siswa jenuh dengan metode pembelajaran yang monoton dengan teori dan ceramah. Dalam hal ini peran kreativitas guru sangat diperlukan. Pengetahuan tentang unsur-unsur musik yang kaya akan mendorong murid untuk menciptakan irama dan melodi-melodi baru mulai dari tingkat paling sederhana secara kreatif. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah implementasi media miniatur keyboard untuk meningkatkan keterampilan bermain keyboard pada siswa SMP Eka Sakti Semarang. Pengambilan data berupa pedoman observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui pendekatan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa miniatur keyboard sangat membantu proses belajar siswa tentang permainan alat musik tersebut. Siswa dapat mengetahui letak nada-nada pada miniatur keyboard sebelum mereka memainkan alat musik keyboard yang sebenarnya.

Full Text: PDF