UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
MODEL TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN TARI KUNTULAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Sumarjo Sumarjo

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh produk perangkat pembelajaran seni tari di sekolah dasar yang valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah yang dikembangkan oleh Thiagarajan atau 4-D dengan 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate) yang dalam penelitian ini tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan teknik percobaan perbandingan sempurna dengan pretest, pemberian perlakuan berbeda, dan posttest. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bentuk dan komponen perangkat pembelajaran seni tari kuntulan valid. Hasil belajar kemampuan ekspresi seni tari kelompok eksperimen memperoleh rerata 76,48 dan kelompok kontrol 69,58. Berdasarkan uji t taraf signifikansi 0,001<0,5 maka dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, dengan kelas eksperimen lebih baik. Pengelolaan guru dalam pembelajaran terlaksana dengan skor 4,51 dengan kategori sangat baik. Respon siswa dalam pembelajaran mendapat rerata 3,68 dan termasuk berkategori sangat baik. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa bentuk dan komponen perangkat pembelajaran seni tari kuntulan valid, praktis dan efektif digunakan pada materi tari nusantara kelas 6 sekolah dasar .

Full Text: PDF