UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
EVALUASI PENILAIAN KEBUGARAN JASMANI SISWA MENENGAH ATAS (SMA) DAN SEDERAJAT
Khairul Usman

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Tes kebugaran jasmani merupakan alat untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gagasan ilmiah tentang konsep penilaian kebugaran jasmani siswa (usia 16-19 tahun) saat ujian akhir sekolah pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (Penjasorkes). Konsep yang biasa digunakan untuk mengukur kebugaran jasmani adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI), namun TKJI memiliki kelemahan pada aspek penjelasan fisiologi gerak. Oleh sebab itu, perlu adanya analisis kebugaran secara fisiologi agar tercapainya pemahaman tujuan dilaksanaknnya tes kebugaran jasmani. Alat pengumpulan data Penelitian menggunakan metode survei diagnostik dengan analisis mendalam tentang Tingkat Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) dalam bentuk buku dan artikel serta penelitian yang dilakukan mengenai kebugaran jasmani dan latihan anaerobik dan aerobik dalam bentuk jurnal. Pada Tes Kebugaran Jasmani berdasarkan faal olahraga diperoleh 3 jenis tes yang mencakup tes anaerobik alaktasid, anaerobik laktasid, dan aerobik yakni vertical jump, sit up, dan lari 12 menit. Yang dapat dijadikan acuan dalam mengukur tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat.

Full Text: PDF