UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGEMBANGAN AKTIVITAS RITMIK DENGAN MODEL SENAM KREASI UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA SEKOLAH DASAR
Gilang Nuari Panggraita

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Dalam proses belajar di pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk siswa SD, senam kreasi dapat digunakan sebagai salah satu materi dalam pembelajaran aktivitas ritmik. Senam merupakan kegiatan fisik yang cocok untuk mengembangkan kualitas motorik dan kualitas fisik anak sekaligus. Hal tersebut dapat dilihat dari kandungan gerak lokomotor yang dianggap mampu meningkatkan aspek kekuatan, kecepatan, power, daya tahan, keseimbangan, kelincahan dinamis. Senam kreasi diharapkan mampu untuk menambahkan variasi dalam pemberian materi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari analisis produk yang dikembangkan, pengembangan produk sebelumnya, validasi ahli, uji coba lapangan, terdiri dari uji kelompok kecil dan uji kelompok besar, revisi produk, dan pengembangan produk hasil. Analisis Data meliputi Analisis Data Aspek Psikomotorik, Kognitif, Afektif siswa yang dikategorikan menjadi 3 (tiga) bagian yaitu baik, sedang, dan kurang. Kemudian Analisis Data Aspek Kualitas Model, Sarana dan Prasarana diperoleh dari pengisian kuesioner yang dilakukan oleh guru Penjasorkes. Selain itu aspek minat dan ketertarikan siswa terhadap produk pengembangan pun dianalisi melalui data yang diperoleh melalui kuesioner. Hasil penelitian adalah model produk senam kreasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Produk senam kreasi berupa kombinasi gerak dasar jalan, langkah, lari dan lompat. Penggunaan alat atau media dalm gerak senam kreasi ini mampu menambah peningkatan perkembangan motorik pada anak. Selain itu juga dapat mencakup aspek afektif, kognitif dan psikomotor.

Full Text: PDF  |  PDF