UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGEMBANGAN PERMAINAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI,OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR
Afri Rizka Nugraheni

Last modified: 2015-10-20

Abstract


Pencapaian tujuan pembelajaran guru pendidikan jasmani di SD 4 Adiwarno kabupaten kudus mengalami masalah seperti: (a)kurangnya inovasi metode mengajar, (b) metode pengajar yang monoton. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Brog & Gall: (1)Melakukan penelitian pendahuluan dan menemukan suatu masalah, (2)Pengumpulan informasi, (3)Mengembangkan bentuk produk awal, (4)Validasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, Uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (5)Revisi produk, (6)Ujicoba skala kecil, (7)Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (8)Uji skala besar, (9)Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (10)Hasil akhir model permainan loka dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV dan V SD 4 Adiwarno kabupaten kudus yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa yang telah menggunakan produk. Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan lompat jauhgaya jongkok ini dapat diterapkan untuk siswa kelas IV dan V SD 4 Adiwarno kabupaten kudus. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SD 4 Adiwarno kabupaten kudus agar model permainan ini dapat menjadi alternatif penyampaian pembelajaran dengan adanya model permainan ini diharapkan pembelajaran akan lebih menarik dan variatif.

Full Text: PDF