Font Size:
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SISWA TENTANG LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA DALAM UUD 1945
Last modified: 2015-10-20
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan instrumen penilaian baik aspek pengetahuan, sikap pada kompetensi lembaga-lembaga negara dalam UUD negara Republik Indonesia tahun 1945; (2) Untuk mengetahui kevalidan dan reliabilitas dari instrumen tersebut; dan (3) untuk mengetahui tingkat kepraktisan instrumen penilaian baik aspek pengetahuan, sikap pada kompetensi di atas.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karangawen Kabupaten Demak. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 6 bulan. Adapun subyek yang dijadikan sasaran adalah siswa kelas 8. Penelitian ini menggunakan model pengembangan. Model penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian. Instrumen penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi instrumen penilaian aspek sikap dan instrumen penilaian aspek pengetahuan. Langkah penelitian ini mengikuti pendapatnya Sugiyono, ada 10 langkah, namun penulis hanya melewati tahapan sampai 9 saja, dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga dari peneliti. Analisis dalam penelitian ini menggabungkan antara data kualitatif dan kuantitatif yang didapatkan oleh penulis. Untuk mengetahui validitas Isi dengan expect judgment.Untuk mengetahui validitas konstrak ,instrumen dianalisis dengan analisis Confermatory Factor Analisys (CFA) dari program Lisrel. Untuk mengetahui reliabilitas Instrumen dikorelasikan dengan menggunakan rumus alpha Cronbach (α ). Hasilnya Kondisi faktual guru PPKn di SMP Negeri 1 Karangawen belum dapat melaksanakan penilaian otentik. Untuk permasalahan 2 sampai 4 belum dapat diketahui hasilnya karena belum diadakan ujicoba.
Full Text:
PDF