UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Eny Suryaningsih

Last modified: 2015-10-19

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan keterampilan proses sains. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, sedangkan desain yang digunakan adalah treatment by level 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) 2 jalan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) kemampuan keterampilan proses sains kelompok siswa yang belajar dengan media real lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar dengan media virtual, (2) terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan keterampilan proses sains, (3) pada kelompok siswa dengan kemandirian belajar tinggi kemampuan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan media real lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan media virtual, dan (4) pada kelompok siswa dengan kemandirian belajar rendah, kemampuan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan media real lebih rendah daripada kelompok siswa yang belajar dengan media virtual. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi guru untuk menggunakan media real karena media real ini bisa meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains.

Full Text: PDF