UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
MENGEMBANGKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA TIGA TINGKAT SEBAGAI ALAT EVALUASI MISKONSEPSI MATERI OPTIK
Sri Lestari Handayani

Last modified: 2015-10-19

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat sebagai alat evaluasi miskonsepsi, menentukan validitas, reliabilitas, dan karakteristik butir tes diagnostik yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan prosedur Research & Development (R & D). Teknik analisis data yang digunakan: uji validitas menggunakan validasi ahli, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran, uji daya pembeda, analisis penskoran tes dan analisis interpretasi hasil tes. Tes diagnostik yang dikembangkan terdiri atas tiga tingkatan (pertanyaan, alasan, dan keyakinan). Hasil validasi isi dan konstruksi berturut-turut sebesar 3,73 dan 3,56. Reliabilitas tes yang dikembangkan sebesar 0,899. Karakteristik 45 butir soal pada tes diagnostik yang dikembangkan yaitu (1) taraf kesukaran soal (11 soal berkategori mudah, 21 soal berkategori sedang, dan 13 soal berkategori sukar), (2) daya pembeda (14 soal berkategori jelek, 12 soal berkategori cukup, 16 soal berkategori baik, dan tiga soal berkategori baik sekali), dan (3) pengecoh berfungsi baik.

Full Text: PDF