UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN II

Font Size: 
PENGARUH SUPERVISI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU
Benny Apriyanto

Last modified: 2015-09-29

Abstract


Supervisi merupakan kegiatan administrasi yang dirancang secara khusus untuk membantu bawahan dalam menjalankan tugasnya agar dapat menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk memberikan layanan yang lebih baik. SMK di Kota Semarang berupaya untuk meningkatkan kulitas guru melalui kegiatan supervisi dilakukan secara berkala dengan kegiatan-kegiatan seperti workshop dan pelatihan pelatihan lainya diadakan secara berkala setiap tahun yang diikuti oleh seluruh guru-guru. Selain itu penulis juga ingin melihat iklim organisasi agar guru dapat bekerja dengan baik diperlukan iklim organisasi yang baik, iklim organisasi adalah kualitas lingkungan total dalam sebuah organisasi. Iklim dinyatakan dengan sifat seperti terbuka, tertutup, ramai, hangat, santai, informal, kaku, kekeluargaan dan sebagainya. Tujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi dan iklim organisasi terhadap efektifitas kerja guru sekolah menengah kejuruan negeri ( SMK ) pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Semarang. Penelitian menggunakan metode survey, Pengumpulan data melalui survey yaitu meneliti langsung kelapangan dengan menyebar angket / kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui seberapa besar pengaruh positif dari supervisi dan iklim organisasi terhadap efektivitas kerja guru maupun pengaruh positif supervisi terhadap iklim organisasi itu sendiri.

Full Text: PDF