UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
IMPLEMENTASI EVALUASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN NASIONAL
Ki Supriyoko Ki Supriyoko

Last modified: 2015-03-05

Abstract


Secara teoretis banyak pengertian tentang evaluasi pendidikan yang kita pelajari selama ini. Di antara pengertian yang satu dengan pengertian yang lain terkadang seperti berbeda meskipun ada benang merah yang sama. Ralph W. Tyler (1975) mendefinisikan evaluasi pendidikan sebagai suatu proses untuk memastikan apakah tujuan pendidikan benar-benar sudah direalisasi. Sementara Daniel Stufflebeam (1971) mendefinisikan evaluasi pendidikan sebagai suatu proses memilih, memilah dan menyedia-kan informasi yang bermanfaat untuk melakukan justifikasi alternatif-alternatif pendidikan.

Lain lagi dengan Michael Scriven (1969) yang menyatakan evaluasi pendidikan merupakan suatu observasi nilai-nilai pendidikan yang diban-dingkan dengan nilai-nalai standar.

Sementara itu Norman E. Gronlund (1976) menyatakan bahwa eva-luasi pendidikan adalah suatu proses secara sistematis yang bermanfaat untuk menentukan atau membuat keputusan yang dapat dijadikan indikator untuk mengetahui sejauh mana tujuan-tujuan pendidikan dan/atau pembela-jaran sudah dapat dicapai.

Beragamnya pengertian tentang evaluasi pendidikan tersebut pada satu sisi menunjukkan bahwa evaluasi pendidikan itu sendiri merupakan suatu ilmu yang sedang berkembang; di sisi yang lain terdapatnya benang merah dalam beragamnya pengertian evaluasi pendidikan, yaitu dicapaianya tujuan pendidikan, menunjukkan sedemikian pentingnya ilmu tentang evaluasi pendidikan itu sendiri dalam konteks pencapaian tujuan pendidikan.

Pencapaian tujuan pendidikan (dan/atau pembelajaran) sudah tentu berkait dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional. Artinya, apabila kita bisa menjalankan evaluasi pendidikan secara tepat diharapkan secara otomatis peningkatan kualitas pendidikan nasional bisa direalisasi.


Full Text: FULLTEXT