UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK PEMODELAN DAN BAHASA SIMBOLIK
Sudarmin Sudarmin, Ika Fatmawati, Kasmadi Imam Supardi

Last modified: 2015-03-06

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan blended learning terhadap dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan Keterampilan Generik pemodelan, bahasa simbolik dan hasil belajar kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA N 5 Magelang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah control group pretest postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data adalah tes berbentuk soal benar salah beralasan, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan blended learning terhadap KG pemodelan, bahasa simbolik dan hasil belajar siswa masing-masing sebesar 14,58%; 67,42% dan 30,21%. Hasil uji paired diperoleh harga thitung sebesar 10,92; 29,87 dan 47,08 lebih  dari 1,70 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 27, hal ini berarti terdapat peningkatan KG pemodelan, bahasa simbolik dan hasil belajar siswa secara signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan blended learning. Penerapan blended learning mampu meningkatkan KG pemodelan dan bahasa simbolik dengan taraf pencapaian tinggi dan sedang. Hasil analisis data dapat disimpulkan penerapan blended learning pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan berpengaruh terhadap peningkatan KG pemodelan, bahasa simbolik dan hasil belajar siswa SMA Negeri 5 Magelang.


Full Text: FULLTEXT