UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENGUKUR LEVEL LITERASI SAINS SISWA
Muh. Sahlan Ridwan, Lulu’ Aina’ul Mardhiyyah, Ani Rusilowati

Last modified: 2015-03-06

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen asesmen untuk mengukur level literasi sains siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain 3D (Define, Design dan Develope). Pada tahap define telah dilakukan analisis kebutuhan, kajian literatur dan observasi lapangan. Hasil analisis menunjukkan sangat dibutuhkannya instrumen literasi sains, khususnya dalam mengukur level literasi sains siswa. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa literasi sains telah menjadi tujuan pendidikan sains di berbagai negara dan diimplementasikan lewat pengembangan kurikulum, model maupun asesmen di kelas. Hasil PISA serta TIMSS menyebutkan literasi sains masih rendah di banding dengan negara-negara lain. Hal ini dikarenakan pengembangan pembelajaran di kelas, pada pengembangan instrumen asesmen, belum mengacu pada literasi sains. Pada tahap design, telah dibuat rancangan instrumen literasi dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan energi dan usaha. Pada tahap develope, telah dikembangkan instrumen pilihan ganda. Hasil validitas menunjukkan instrumen berada pada kategori valid, nilai reliabel saat uji coba terbatas adalah 0,77 dan saat uji coba luas adalah 0,81. Nilai tersebut menunjukkan instrumen adalah reliabel. Level literasi sains siswa berada pada kategori fungsional.

Full Text: FULLTEXT