UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERORIENTASI PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA
Emi Nur Agustin, Wardono Wardono, Kartono Kartono

Last modified: 2015-03-06

Abstract


PISA adalah studi literasi yang bertujuan untuk meneliti secara berkala tentang kemampuan siswa usia 15 tahun  (kelas III SMP dan Kelas I SMA) dalam membaca (reading literacy), matematika (mathematics literacy), dan sains (scientific literacy). Tuntutan kurikulum 2006 dan era global pada kegiatan pembelajaran matematika antara lain adalah menumbuh kembangkan kemampuan pemecahan masalah, melatih berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, mengembangkan kreativitas yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan melalui pemikiran divergen, orisinal, membuat prediksi, dan mencoba-coba (trial and error), dengan harapan dapat membekali mahasiswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Standar isi pendidikan mata pelajaran matematika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) pembelajaran hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai (contextual problem), yang secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang menekankan hal tersebut adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR).Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran matematika realistik berorientasi PISA untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi pokok dimensi tiga. Pengembangan pembelajaran terdiri atas pengembangan perangkat pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, buku siswa, lembar kerja siswa (LKS), dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM).


Full Text: FULLTEXT