UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN BANTUAN MEDIA PETA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI YOSOREJO 01 KOTA PEKALONGAN TAHUN 2012/2013
Mugiri Mugiri

Last modified: 2015-03-06

Abstract


Penggunaan model pembelajaran dan alat peraga sangat diperlukan guru untuk membantu dalam menumbuhkan aktifitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan: (1) Apakah Model pembelajaran STAD denganĀ  media peta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Yosorejo 01 mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga?, (2) Bagaimana aktifitas belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga? Metode penelitian yang digunakan : (1) subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD N Yosorejo 01, (2) prosedur penelitian menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, (3) teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan observasi, (4) teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada prasiklus siswa tidak menunjukkan adanya keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa rendah dari 36 siswa terdapat 13 (36%) siswa tuntas belajar. Pada siklus I mulai diterapkan model pembelajaran STAD dengan bantuan alat peraga peta, mulai muncul keaktifan siswa dan prestasi belajar menujukkan peningkatan dari 36 siswa terdapat 25 (69%) siswa tuntas belajar. Siklus II menunjukkan keaktifan belajar siswa maksimal dan prestasi belajar dari 36 siswa terdapat 33 (92%) siswa tuntas belajar. Secara keseluruhan terdapat peningkatan 56 % prestasi belajar siswa.


Full Text: FULLTEXT