UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
PENINGKATAN SIKAP DEMOKRATIS DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBASIS KARAKTER SISWA KELAS X KECANTIKAN KULIT SEMESTER 2 SMK NEGERI 1 PEKALONGAN TAHUN 2012/2013
Diyah Lusiana

Last modified: 2015-03-06

Abstract


Dalam pembelajaran PKn guru dituntut dapat menginternalisasi nilai-nilai karakter bangsa kedalam materi yang disampaikan. Rumusan masalah : 1) Apakah model pembelajaran Example non example berbasis karakter dapat meningkatkan prestasi belajar PKN materi Menunjukkan Sikap Positif Terhadap Konstitusi negara kelas X Kecantikan Kulit semester 2 SMK Negeri 1 Pekalongan tahun ajaran 2012/2013?” 2) Apakah model pembelajaran Example non example berbasis karakter dapat meningkatkan aktifitas belajar PKN Menunjukkan Sikap Positif Terhadap Konstitusi negara kelas X Kecantikan Kulit semester 2 SMK Negeri 1 Pekalongan tahun ajaran 2012/2013 ?” Metode Penelitian: 1) subyek adalah siswa kelas X Kecantikan Kulit  SMK Negeri 1 Pekalongan. 2) Instrumen yang digunakan instrumen tes dan non tes berbentuk pedoman observasi. 3) Prosedur penelitian dengan menggunakan 2 tahap yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Example non example berbasis karakter diperoleh data pada tahap  pra siklus terdapat 10  (41%) siswa yang telah tuntas belajar Pada siklus I  19 (80 % ) yang telah tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 25 (92%) siswa telah tuntas belajar. Hasil observasi menunjukkan peningkatan aktifitas dengan karakter demokratis. Simpulan Model pembelajaran Example non example berbasis karakter dapat meningkatkan prestasi belajar PKN kelas X Kecantikan Kulit semester 2 dan menumbuhkan sikap demokratis siswa.

Full Text: FULLTEXT