UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DENGAN ASESMEN BERNUANSA PISA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
Santika Lya Diah Pramesti, Wardono Wardono, Masrukan Masrukan

Last modified: 2015-03-06

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran realistik Indonesia dengan asesmen bernuansa Programme For International Student Assessment (PISA). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan antara lain: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) , Buku Siswa, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Bernuansa PISA. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dengan asesmen bernuansa PISA. (2) Memperoleh perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia denga asesmen bernuansa PISA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilaksanaka di SMPN 2 Ungaran kelas VIII pada tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian menggunakan 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D, yakni: define, design, and develop. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dengan asesmen bernuansa PISA yang valid. Pelaksanaan uji coba perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia dengan asesmen bernuansa PISA menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran praktis dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Full Text: FULLTEXT