UNNES CONFERENCE, SEMINAR NASIONAL EVALUASI PENDIDIKAN I

Font Size: 
PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INOVATIF BERPENILAIAN PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT
Wardono Wardono

Last modified: 2015-03-06

Abstract


Kemampuan literasi matematika siswa-siswa  Indonesia  dari hasil penilaian secara internasionaal oleh negara-negara maju OECD peringkat PISA Matematika siswa  Indonesia  sangat jelek dibandingkan dengan negara-negara lain. Permasalahan penelitian ini adalah; (1) Bagaimana  mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif PMRI bermuatan pendidikan karakter  dengan penilaian berorientasi PISA yang  valid? (2) Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif PMRI bermuatan pendidikan karakter  dengan penilaian berorientasi  PISA yang  praktis? (3) Apakah dengan mengimplementasikan model pembelajaran inovatif PMRI bermuatan pendidikan karakter dengan penilaian berorientasi  PISA  dapat meningkatkan  kemampuan literasi  pemecahan masalah matematika siswa SMP-SMA? (4) Apakah kualitas model pembelajaran inovatif PMRI bermuatan pendidikan karakter dengan penilaian berorientasi PISA pada siswa SMP-SMA  memenuhi kategori minimal baik? Metode penelitian  R&D. Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat pembelajaran inovatif  PMRI berpenilaian  PISA pada siswa SMP-SMA. Perangkat yang dikembangkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes  Kemampuan Literasi Pemecahan Masalah Matematika (TKLPMM). Instrumen penelitian berupa lembar validasi perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus, rencana pembelajaran, lembar validasi LKS, lembar validasi perangkat TKLPMM, lembar observasi pengelolaan guru, lembar sikap siswa dalam pembelajaran, angket respon siswa, dan angket respon guru. Model pengembangan perangkat pembelajaran  mengacu model 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran dengan true-experimental design dengan pretest-posttes control group design. Populasi penelitian  ini  siswa kelas VIII SMPN2 Ungaran dan siswa klas X SMAN 9 Semarang. Variabel-variabel  pada penelitian ini  yaitu; Variabel kemampuan literasi pemecahan masalah matematika, Variabel kemampuan guru mengelola pembelajaran, Variabel respon siswa dan respon guru, Variabel kualitas pembelajaran. Analisis data untuk validitas dan kepraktisan perangkat dianalisis dengan statistik deskriftif. Analisis data keefektifan dengan uji proporsi ketuntasan KLPMM dan uji perbedaan rata-rata dua mea. Analisis data peningkatan KLPMM  dengan rumus Normalitas Gain (g). Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran inovatif PMRI-Pendikar dengan penilaian berorientasi  PISA  yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan literasi  pemecahan masalah matematika siswa SMP-SMA. Sedangkan kualitas pembelajaran  PMRI-Pendikar dengan penilaian berorientasi PISA  memenuhi kategori baik.

Full Text: FULLTEXT