Font Size:
PENINGKATAN LITERASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN INOVATIF BERPENILAIAN PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT
Last modified: 2015-03-06
Abstract
Kemampuan literasi matematika siswa-siswa Indonesia dari hasil penilaian secara internasionaal oleh negara-negara maju OECD peringkat PISA Matematika siswa Indonesia sangat jelek dibandingkan dengan negara-negara lain. Permasalahan penelitian ini adalah; (1) Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif PMRI bermuatan pendidikan karakter dengan penilaian berorientasi PISA yang valid? (2) Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif PMRI bermuatan pendidikan karakter dengan penilaian berorientasi PISA yang praktis? (3) Apakah dengan mengimplementasikan model pembelajaran inovatif PMRI bermuatan pendidikan karakter dengan penilaian berorientasi PISA dapat meningkatkan kemampuan literasi pemecahan masalah matematika siswa SMP-SMA? (4) Apakah kualitas model pembelajaran inovatif PMRI bermuatan pendidikan karakter dengan penilaian berorientasi PISA pada siswa SMP-SMA memenuhi kategori minimal baik? Metode penelitian R&D. Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat pembelajaran inovatif PMRI berpenilaian PISA pada siswa SMP-SMA. Perangkat yang dikembangkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Kemampuan Literasi Pemecahan Masalah Matematika (TKLPMM). Instrumen penelitian berupa lembar validasi perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus, rencana pembelajaran, lembar validasi LKS, lembar validasi perangkat TKLPMM, lembar observasi pengelolaan guru, lembar sikap siswa dalam pembelajaran, angket respon siswa, dan angket respon guru. Model pengembangan perangkat pembelajaran mengacu model 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran dengan true-experimental design dengan pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMPN2 Ungaran dan siswa klas X SMAN 9 Semarang. Variabel-variabel pada penelitian ini yaitu; Variabel kemampuan literasi pemecahan masalah matematika, Variabel kemampuan guru mengelola pembelajaran, Variabel respon siswa dan respon guru, Variabel kualitas pembelajaran. Analisis data untuk validitas dan kepraktisan perangkat dianalisis dengan statistik deskriftif. Analisis data keefektifan dengan uji proporsi ketuntasan KLPMM dan uji perbedaan rata-rata dua mea. Analisis data peningkatan KLPMM dengan rumus Normalitas Gain (g). Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran inovatif PMRI-Pendikar dengan penilaian berorientasi PISA yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan literasi pemecahan masalah matematika siswa SMP-SMA. Sedangkan kualitas pembelajaran PMRI-Pendikar dengan penilaian berorientasi PISA memenuhi kategori baik.
Full Text:
FULLTEXT