Last modified: 2017-04-12
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa dalam
mengembangkan produk pembelajaran pada mata kuliah Dasar-dasar Proses Pembelajaran
Matematika 1 . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengimplementasikan
lesson study dalam setting pembelajaran kolaboratif. Subjek penelitian adalah 20
mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Proses Pembelajaran matematika 1
tahun akademik 2016/2017. Instumen penelitian adalah lembar pengamatan kreativitas
menyusun makalah, lembar pengamatan kreativitas mempresentasikan makalah, angket
penilaian diri sendiri menyusun makalah, angket penilaian diri sendiri mempresentasikan
makalah. Hasil penelitiannya kreativitas mahasiswa dalam menyusun dan
mempresentasikan makalah adalah mahasiswa memiliki keingintahuan yang tinggi dalam
menghasilkan cara atau hasil baru, mampu mengemukakan pikiran atau gagasan yang
menghasilkan cara atau hasil baru, dan mampu melakukan tindakan yang menghasilkan
cara atau hasil baru.
Kata kunci: kreativitas, pembelajaran kolaboratif
The purpose of this research was to described creatifity of college student when
development learning product in Basics of Mathematics Learning Process 1. This research
was descriptive research that is implemented lesson study in collaborative learning setting.
The subject of this research were 20 college students whose choose Basics of Mathematics
Learning Process 1 in 2016/2017 academic year. The instruments were creativity
observation sheet of writing paper, creativity observation sheet of presentation paper, self
assessment quesstionare of writing paper, and self assessment quesstionare of presentation
paper. The result of this research about college student when writing and presentation
paper were college students has a high curiosity in generating new ways or results, able to
express thoughts or ideas that generate new ways or results, and able to perform actions
that generate new ways or results.
Keywords: creativity, collaborative learning.