UNNES CONFERENCE, Seminar Nasional MIPA 2016

Font Size: 
Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks
Rusmining Rusmining

Last modified: 2017-03-27

Abstract


Aljabar matriks merupakan salah satu mata kuliah yang menyajikan konsep-konsep tentang matriks. Akan tetapi, mahasiswa masih kesulitan memahami konsep dasar aljabar matriks. Hal ini terlihat pada hasil belajar mahasiswa yang masih rendah, dengan nilai rata-rata kurang dari kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Metode mind mapping merupakan model pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan untuk menemukan berbagai alternatif jawaban, sehingga hal ini dapat membantu membentuk konsep sebagai pengetahuan awal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah aljabar matriks melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Dari hasil pre test diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,24 dengan presentase ketuntasan sebesar 77,19%. Keterlaksanaan model pembelajaran pada siklus 1 hanya 50%, sedangkan hasil tes akhir pada siklus 1 tuntas 100% dengan nilai rata-rata sebesar 87,71. Pada siklus 2, persentase keterlaksanaan model pembelajaran sebesar 75%, nilai rata-rata sebesar 84,64, kemampuan pemahaman konsep mahasiswa mencapai 87,71%. Pada siklus 3, persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,5%, nilai rata-rata sebesar 91,05, kemampuan pemahaman konsep mahasiswa mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian sampai dengan siklus 3 telah berhasil.

Matrix algebra is one of the subjects that presents the concepts of the matrix. However, students still have difficulty understanding the basic concepts of matrix algebra. This can be seen in the results of student learning is still low, with an average value of less than the minimum completeness criteria is 70. The method of mind mapping is a cooperative learning model that is suitable to find a variety of alternative answers, so that it can help shape the concept as initial knowledge , This study aims to improve understanding of the concept of mathematical education of students in algebra matrix through the application of mind mapping learning model. This research is a classroom action research (CAR) conducted through three stages, namely planning, implementation, and completion. The results obtained from the pre-test average value of 73.24 with a percentage of 77.19% completeness. Keterlaksanaan model of learning in cycle 1 only 50%, while the final test results in cycle 1 completed 100% with an average value of 87.71. In the second cycle, the percentage keterlaksanaan learning model by 75%, the average value of 84.64, the ability of understanding the concept of students reached 87.71%. In cycle 3, the percentage of learning enforceability of 87.5%, an average value of 91.05, the ability of understanding the concept of students reached 100%. Based on the results of the study concluded that research up to 3 cycles have been successful.


Full Text: PDF