UNNES CONFERENCE, Seminar Nasional MIPA 2016

Font Size: 
Analisis Kepuasan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA terhadap Kinerja Dosen dalam Rangka Persiapan Akreditasi
Miranita Khusniati, Fidia Fibriana

Last modified: 2017-03-27

Abstract


Akreditasi program studi (prodi) adalah proses penjaminan mutu terhadap layanan dan tindakan suatu prodi yang dievaluasi oleh badan eksternal untuk menentukan peringkat standar prodi tersebut. Secara internal, sistem penjaminan mutu prodi dilaksanakan oleh Tim Penjaminan Mutu (TPM) dibawah pengawasan Gugus Penjaminan Mutu pada tingkat fakultas (GPM) dan Badan Penjaminan Mutu (BPM) pada tingkat universitas. Peringkat akreditasi Prodi Pendidikan IPA S1, FMIPA Unnes berdasarkan SK BAN-PT No. 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012 adalah B. Dalam waktu dekat, prodi Pendidikan IPA akan melakukan re-akreditasi. Berkaitan dengan persiapan kegiatan re-akreditasi prodi Pendidikan IPA, pengumpulan data dan informasi untuk melengkapi borang akreditasi sangat diperlukan. Akan tetapi, sistem penjaminan mutu yang berkaitan dengan indeks kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen masih sangat terbatas dan minim informasi. Data tersebut sangat dibutuhkan untuk mengisi borang standar 4 yang terkait dengan Sumber Daya Manusia dan borang standar 5 yang terkait dengan Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data terkait dengan indeks kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen Jurusan IPA Terpadu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrument kuesioner. Selain itu, hasil analisis kinerja dosen dapat digunakan sebagai bahan refleksi bagi dosen Prodi Pendidikan IPA. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata indeks kinerja dosen (IKD) Jurusan IPA Terpadu adalah 4,1 atau dalam persentase sebesar 81,92% (kategori tinggi). Hasil IKD yang tinggi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya profesionalitas dosen dalam berbagai aspek yang diukur, yaitu aspek reliability (kehandalan dosen), responsiveness (sikap tanggap), assurance (perlakuan pada mahasiswa), serta empathy (pemahaman terhadap kepentingan mahasiswa).


Full Text: PDF