UNNES CONFERENCE, Seminar Nasional MIPA 2016

Font Size: 
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kalkulus Mahasiswa Pendidikan Matematika
Sumargiyani Sumargiyani

Last modified: 2017-03-16

Abstract


Varisasi dan inovasi dalam pembelajaran perlu dilakukan guna meningkatkan hasil belajar kalkulus mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kalkulus diferensial dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD Yogyakarta Tahun Akademik 2015/2016. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus ini, dengan subjek penelitian mahasiswa kelas C, sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran TSTS pada mata kuliah Kalkulus Diferensial. Data dikumpulkan dengan wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, pada Siklus I sebesar 96% (nilai A atau B) dan masih ada nilai D, Siklus II meningkat menjadi 93%(nilai A dan B) tanpa nilai D dan E. Pada Siklus III 95% (nilai A atau B )tanpa nilai D dan E.

Full Text: PDF